There was an error in this gadget

Entri Populer

There was an error in this gadget

Thursday, August 26, 2010

MENGINTIP Cara Kerja Seatbelt !! +pic

SEATBELT SAVES OUR LIVES







Quote:
Mungkin beberapa ada yang bertanya " kok seatbelt ditarik2 bisa melar kalo nabrak yang nahan kita apa dong? kan seatbeltnya bisa melar " yap memang ada yang menahan di bagian perut tapi tetap saja jika kita menabrak kepala kita akan terbentur ke dasbor. Karena itu inilah cara seatbelt menyelamatkan agan!

Quote:


Sabuk pengaman memang menyelamatkan kita dari cedera serius atau kematian, hampir semua ahli sepakat bahwa keselamatan tekuk meningkat secara dramatis meningkatkan kemungkinan Anda selamat dari kecelakaan. Menurut NHTSA, sabuk pengaman mengurangi resiko kematian untuk sebuah kursi depan mobil penumpang oleh sekitar 50 persen.
Menurut agan gimana? benar-benar menakjubkan kan? Bagaimana bisa sepotong kain akhirnya menjadi perbedaan antara hidup dan mati? Apa sebenarnya? Pada thread ini, kita akan mempelajari teknologi sabuk pengaman untuk melihat mengapa mereka merupakan salah satu teknologi yang paling penting dalam mobil


---------------------------------------------------------------


Konsep Crashing/Tabrakan

Quote:
Konsep dasar dari sebuah sabuk pengaman sangat sederhana, Jika tidak ada seatbelt maka agan akan terbang melalui kaca depan atau menuju dasbor ketika mobil Anda tiba-tiba berhenti. Tapi mengapa hal ini terjadi di tempat pertama? Jawabannya adalah karena inersia.
Apa itu Inersia? ini penjelasannya
Spoiler for Inersia:

Quote:
Inersia adalah kecenderungan objek untuk terus bergerak hingga sesuatu yang lain bekerja melawan gerakan ini. Dengan kata lain, inersia adalah setiap energi berlawanan untuk mengubah kecepatan dan arah perjalanan. Hal-hal yang secara alami ingin terus berusaha.

Jika mobil melaju dengan kecepatan 50 mil per jam, inersia ingin menjalankannya 50 mph dalam satu arah. Hambatan udara dan gesekan dengan jalan secara konstan memperlambat turun, tapi kekuatan mesin mengkompensasi hilangnya energi ini

Ayunan adalah salah satu contoh benda yang menggunakan prinsip Inertia

oke, Back To Topic

Quote:
Apa pun yang ada di mobil, termasuk pengemudi dan penumpang, memiliki inersia, yang terpisah dari mobil.
Mobil penumpang untuk mempercepat kecepatan. Bayangkan bahwa agan sedang meluncur di tetap 50 mil per jam.
Kecepatan dan laju mobil yang cukup banyak sama, sehingga agan akan merasa seperti agan dan mobil bergerak sebagai satu unit.

Tetapi jika mobil itu untuk menabrak tiang telepon, itu akan menjadi jelas bahwa saat mobil agan berhenti, agan tetap bergerak dengan kecepatan sebelum mobil itu menabrak karena agan dan mobil itu individu yang berbeda. Kekuatan dari tabrakan akan membuat mobil-tiba berhenti, tetapi kecepatan Anda akan tetap sama. Tanpa sabuk pengaman, agan akan menabrak kemudi dengan kecepatan 50 mil per jam atau pergi terbang melayang melalui kaca depan pada 50 mil per jam.
Sama seperti tiang memperlambat mobil turun, dasbor, kaca depan atau jalan akan memperlambat Anda dengan mengerahkan sejumlah besar kekuatan.

Ini untuk mengingat bahwa apa pun yang terjadi dalam sebuah kecelakaan, sesuatu yang harus mengerahkan gaya pada agan untuk memperlambat Anda. Tapi tergantung di mana dan bagaimana gaya ini diterapkan, agan mungkin tewas seketika atau agan dapat berjalan menjauh dari kerusakan tanpa cedera.

Jika agan memukul kaca depan dengan kepala agan, yang daya hentinya terkonsentrasi di salah satu bagian yang paling rentan dari tubuh agan. Ini juga membuat agan berhenti dengan sangat cepat, karena kaca adalah permukaan yang keras. Hal ini dapat dengan mudah membunuh atau melukai seseorang.

Sebuah sabuk pengaman berhenti memberikan kekuatan untuk lebih tahan lama selama periode waktu . Pada bagian berikutnya, kita akan melihat bagaimana hal ini mengurangi kemungkinan cedera parah

-------------------------------------------------------------
Inside The Seatbelt

Dalam sistem sabuk pengaman yang normal, Jahitan Seatbelt terhubung ke mekanisme retractor. Unsur utama dalam retractor adalah spul, yang melekat ke salah satu ujung tali pita. Dalam retractor, sebuah pegas menerapkan gaya rotasi, atau torsi, untuk spul.

Spoiler for SeatBelt:



Sebuah per memutari spul untuk menjaga sabuk pengaman menjadi tegang/tidak bisa melar sendiri


Quote:
Ketika Anda menarik seatbelt keluar, spul akan berputar berlawanan arah jarum jam, yang mengubah per yang dilampirkan kedalam arah yang sama. Efektif, memutar spul bekerja untuk menguraikan pernya. Pernya juga ingin kembali ke bentuk aslinya, sehingga melawan gerakan memutar ini. Jika Anda melepaskan tali pita, pegas akan memperketat, spul berputar searah jarum jam sampai tidak ada lagi sabuk/udah abis/ sampe ujung

Retractor memiliki mekanisme penguncian yang membuat spul berhenti berputar ketika mobil terlibat dalam tabrakan. Ada dua macam sistem penguncian umum digunakan saat ini:


- sistem dipicu oleh gerakan mobil
- sistem dipicu oleh gerakan sabuk

Pertama sistem semacam ini mengunci spool ketika mobil cepat berkurang kecepatannya (ketika itu menabrak sesuatu, misalnya). Diagram di bawah menunjukkan versi sederhana dari desain ini.
Spoiler for SeatBelt:


Quote:
Jadi ini loh yang membuat seatbelt tidak bisa melar saat mobil tiba2 rem mendadak, seperti hukum inersia yang tadi maka jika mobil berhenti tiba2 seluruh individu/unitnya lainnya tetap bergerak, lihat kotak pink itu, saat mobil tiba2 berhenti berat itu juga ikut terhentak ke belakang sehingga mengunci seatbelt dan seatbelt tidak bisa bergerak


cukup disturbing textnya, sekarang gambar

----------------------------------------------------------

Inilah Akibatnya Jika Anda Tidak Memakai Seatbelt

Spoiler for Kecelakaan:







Karena itu Pakailah Sabuk Pengaman
Lebih baik merasa tidak nyaman di leher
daripada kehilangan nyawa

No comments:

Post a Comment