Recent Posts

Entri Populer

There was an error in this gadget

Sunday, May 1, 2011

Kabar Gembira Bagi Dunia, Lapisan Ozon Tidak Lagi Menipis

Quote:
Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 - 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.

Quote:

Quote:
Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa upaya dunia untuk menghentikan penghancuran lapisan ozon telah berhasil. Penelitian yang dilakukan oleh 300 ilmuwan juga memndukung hal ini dimana dampak negatif bagi iklim bumi telah berkurang, dan juga dampak dari perubahan iklim yang dipengaruhi oleh lapisan ozon dampaknya mulai berkurang.

Hari Internasional PBB untuk Pelestarian Lapisan Ozon pada September 16 adalah untuk memperingati tanggal tanda tangan pada tahun 1987 dari Protokol Montreal mengenai Bahan yang Merusak Lapisan Ozon. Perjanjian internasional ini bertujuan untuk melindungi lapisan ozon dengan phasing out penggunaan zat berbahaya seperti chlorofluorocarbons (CFC) diyakini bertanggung jawab atas penipisan ozon dan memberikan kontribusi bagi efek rumah kaca. Laporan ini menegaskan kembali bahwa Protokol Montreal adalah bekerja, "Ini telah melindungi lapisan ozon stratosfir dari tingkat yang jauh lebih besar dari penurunan oleh phasing out produksi dan konsumsi lapisan ozon."
Quote:
"Masalah-lubang ozon menunjukkan pentingnya pemantauan atmosfer jangka panjang dan penelitian, tanpa penelitian dan pemantauan secara periodik kerusakan ozon yang akan terus berlanjut dan tidak mungkin telah terdeteksi sampai kerusakan serius lebih jelas," kata Sekretaris Jenderal WMO Michel Jarraud. "Tanpa Protokol Montreal dan Konvensi Wina terkait dengan tingkat atmosfer ozon-depleting zat dapat naik sepuluh kali lipat pada tahun 2050. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan sampai dua puluh juta lebih banyak kasus kanker kulit dan seratus tiga puluh juta lebih kasus katarak mata, tidak berbicara tentang kerusakan pada sistem kekebalan tubuh manusia, satwa liar dan pertanian, "tambah Achim Steiner.

Laporan tersebut, update komprehensif pertama dalam empat tahun, diterbitkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP). Ringkasan eksekutif Penilaian Ilmiah Penipisan Ozon 2010 akan diajukan oleh Panel Ilmiah Penilaian pada pertemuan tahunan berikutnya Protokol Montreal, yang akan diadakan di Kampala, Uganda, 8-12 November 2010.
Quote:
Pada Tahun 2045 lapisan atmospher akan kembali ke keadaan normal jika dunia mempertahankan kerja keras selama ini

No comments:

Post a Comment